Contoh Paragraf Argumentasi

Contoh paragraf argumentasi jika anda sedang mencari tentang contoh paragraf argumentasi anda sudah berada di tempat yang tepat karena artikel kali ini kita akan membahas tentang contoh dari paragraf argumentasi.  Ya kita sering mendengar paragraf tersebut saat duduk di bangku sekolah . Paragraf argumentasi itu adalah pelajaran bahasa indonesia.

Paragraf argumentasi adalah paragraf yang mengemukaskan alasan, contoh, bukti bukti yang kuat dan menyakinkan. Tujuannya untuk menyakinkan pembaca sehingga mereka membenarkan pendapat, sikap, dan keyakinan kita. Jadi kekuatan argumen terletak pada kemampuan penulis dalam mengemukakan tiga prinsip pokok, yaitu pernyataan, alasan yang mendukung dan pembenaran dan kali ini kita akan membahas tentang contoh paragraf argumentasi.

Paragraf argumentasi memiliki ciri ciri sebagai berikut:

1. Mengandung kebenaran dan pembuktian yang kuat dengan disertai data, fakta, gambar, grafik, dan lain lainnya.

2. Menggunakan bahasa denotatif.

3. Analisis yang kuat dan rasional.

4. Alasan kuat.

5. Bertujuan supaya pembaca menerima pendapatnya.

Contoh paragraf argumentasi
Contoh paragraf argumentasi

Contoh Paragraf Argumentasi


1. Menurut saya pemerintah belum bisa bertindak tegas terhadap para koruptor. Terbukti dengan meni gkatnya angka korupsi di indonesia. Pemerintah belum bisa memberikan efek jera kepada tikus tikus rakyat itu. Jika terus begini maka orang yang akan korupsi bertambah banyak.  Dan pada akhirnya rakyat kecil yang menjadi imbas dari para koruptor.


2. Harimau sumatera adalah binatang yang dilindungi oleh pemerintah. Harimau sumatera termasuk ke dalam hewan yang di lindungi karena jumlah populasinya sudah sangat tipis. Semua ini tidak terlepas dari keserakahan dan kebiadaban manusia yang rela membantai harimau dengan berbagai macam alasan yang tidak masuk akal. Mulai dari hobi sampai alasan finansial. Mereka melakukan itu tanpa mau berpikir dan peduli bahwa akibat dari kejahatan mereka akan merusak lingkungan. Hingga saat ini keadaan harimau sumatera sangat memperihatinkan dan sangat membutuhkan perlindungan dari pemerintah. Dan pemerintah juga harus bisa bersikap tegas terhadap para pemburu liar. Jika tidak dari sekarang kita menjaga harimau sumatera maka jangan heran jika nanti lima puluh tahun kedepan, harimau sumatera hanya tinggal nama.


3. Di indonesia budaya membaca masih sangat kurang. Ini terjadi karena minat membaca penduduk indonesia masih sangat kurang. Banyak orang indonesia yang tidak suka membaca bahkan tidak sedikit penduduk indonesia yang tidak bisa berbahasa indonesia, sangat ironis bukan? mereka lebih suka menggunakan bahasa daerah daripada bahasa indonesia. Budaya membaca bisa di tumbuhkaan saat anak berusia dini ketika masih mudah di bentuk dan peranan orang tua sangatlah besar dalam menumbuhkan rasa cinta membaca pada anak.


4. Menurut saya indonesia masih bisa lebih maju dari sekarang. Menggingat bahwa indonesia adalah negara dengan kepulauan terbanyak, suku dan agama yang beragam dan juga sumber daya alam yang sangat banyak saya rasa itu tidaklah sulit hanya saja yang sedikit menjadi permasalah adalah SDM karena di indonesia SDM masih sangat memprihatinkan. Masalah SDM ini menjadi pr untuk pemerintah untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di bangsa ini. Kita hanya bisa berharap saja semoga kedepannya pendidikan yang ada di bangsa ini semakin baik.


5. Akhir akhir ini indonesia terkena demam korea. Ini ditandai dengan munculnya boyband dan girlband dan budaya korea lainnya. Banyak anak anak yang lebih memilih menonton drama korea daripada menonton film film buatan asli indonesia. Hal ini memang tidak salah tapi menurut saya harusnya kita sebagai penduduk indonesia bisa memilah antara mana yang seharusnya kita tiru dan mana yang tidak boleh kita tiru.

Nah itulah contoh paragraf argumentasi semoga artikel di atas bisa berguna dan bermanfaat untuk pembaca pembaca blog ini dan sekali lagi terima kasih karena sudah mau berkunjung ke blog ini dan membaca contoh paragraf argumentasi.

1 Response to "Contoh Paragraf Argumentasi"

  1. Makasih, artikelnya sangat bermanfaat.. kalau punya saya sudah dalam bentuk makalah , Jangan lupa mampir Makalah Paragraf Argumentasi/
    salam kenal gan.

    ReplyDelete

wdcfawqafwef