Kumpulan Contoh Tumbuhan Dikotil

Contoh tumbuhan dikotil tumbuhan dikotil adalah tumbuhan yang mempunyai dua buah keping biji. Kedua keping biji tersebut tampak jelas pada saat biji berkecambah. Nah sekarang anda sudah tahu kan apa itu tumbuhan dikotil dan sekarang kita akan membahas contohnya silahkan di simak.

CIRI CIRI TUMBUHAN DIKOTIL

Contoh tumbuhan dikotil
Contoh Tumbuhan Dikotil


A. Daun
Daun tumbuhan dikotil ada beraneka ragam, ada yang bertulang daun menyirip dan ada pula yang bertulang daun menjari. Setiap daun mempunyai tangkai daun yang menempel pada cabang atau ranting. Letak daun ada yang berhadapan dan ada pula yang berseling.

Letak daun berhadapan bersilang artinya pada setiap buku batang terdapat dua daun yang letaknya berhadapan. Misalnya pada tumbuhan mengkudu (Morinda Citrifiolia) dan soka (Ixora Paludosa).

Letak daun berkarang yaitu pada setiap buku batang terdapat lebih dari dua daun. Letak daun ini dapat di temukan pada tumbuhan pulai, alamanda, dan bunga mentega.


B. Batang
Batang tumbuhan dikotil mempunyai kambium sehingga dapat membesar. Kambium memperbesar batang dengan tumbuh ke dalam membentuk kayu dan ke luar membentuk kulit. Tumbuhan dikotil juga memiliki pembuluh angkut yaitu pembuluh kayu dan pembuluh tapis yang letaknya teratur.


C. Akar
Akar tumbuhan dikotil berupa akar tunggang yang bercabang cabang.


D. Bunga
Bunga pada tumbuhan dikotil mempunyai bagian bagian yang terdiri dari kelopak, mahkota, putik, dan benang sari. Kelopak, mahkota dan benang sari biasanya berjumlah 2, 4, 5atau kelipatannya, sedangkan putik pada umumnya berjumlah satu buah.


CONTOH TUMBUHAN DIKOTIL


A. Karet (Hevea Brasiliensis)
Dari sekian banyak suku jarak jarakan, karet merupakan salah satu tumbuhan dikotil yang penting. Tumbuhan karet berasal dari brazil. Tumbuhan karet di sebut penting karena karet merupakan tumbuhan yang menghasilkan bahan komoditi untuk devisa negara. Pohon karet di ambil getahnya dengan cara di sadap batangnya. 


B. Ubi Kayu (Manihot Utilisima)
Ubi kayu atau singkong juga berasal dari negara brazil. Tumbuhan ini menyimpan cadangan makanannya di umbi akar. Umbi kayu banyak mengandung zat tepung sehingga dapat di buat bermacam macam makanan dan juga dapat di buat tepung singkong yang di sebut tapioka.


C. Jarak (Ricinus Communis)
Jarak merupakan perdu asal afrika. Akan tetapi sekarang tumbuhan jarak banyak di tanasm di daerah tropis seperti indonesia. Biji jarak bisa diolah menjadi minyak jarak yang berfungsi sebagai bahan pembuat sabun, lilin, semir, pernis dan kastroli untuk obat pencuci perut.


D. Puring (Codiaeum Varigatum)
Puring adalah tanaman perdu asli indonesia. Puring banyak di manfaatkan sebagai tanaman hias. Puring juga dapat menghasilkan minyak.


E. Petai Petaian
Semua jenis petai petaian termasuk tumbuhan dikotil. Petai petaian memiliki daun yang berkarang. Tumbuhan ini hidup sebagai perdu dan pohon. Kelompok yang termasuk kedalam petai petaian adalah antara lain: Putri malu, Pohon saga, dan lamtoro.


F. Johar Joharan
Johar joharan dapat kita kenali dari bentuk bunganya. Jika tumbuhan ini sedang berbunga, terlihat seluruh dahannya tertutup oleh bunga. Contoh tumbuhan dikotil johar joharan adalah seperti tumbuhan kembang merak, flamboyan, dan ketepeng. Kembang merak dan flamboyan di manfaatkan sebagai tanaman hias sedangkan ketepeng sebagai obat penyakit kulit.


G. Kacang Kacangan
Suku kacang kacangan juga termasuk kedalam contoh tumbuhan dikotil. Kacang kacangan biasanya di manfaatkan sebagai pangan konsumsi karena banyak mengandung protein nabati.


H. Terung Terungan
Terung, cabai, tomat, tembakau dan kecubung merupakan contoh terung terungan. Semua tumbuhan terung terungan adalah tumbuhan dikotil.


I. Jambu Jambuan
semua jenis jambu jambuan termasuk kedalam tumbuhan dikotil seperti jambu mente/jambu monyet, jambu air dsb.
Baca juga Contoh Kalimat Fakta dan Opini

Nah itulah beberapa contoh dari tumbuhan dikotil. Semoga contoh contoh tumbuhan dikotil di atas bermanfaat untuk anda pembaca setia blog http://contohmajas.blogspot.com

0 Response to "Kumpulan Contoh Tumbuhan Dikotil"

Post a Comment

wdcfawqafwef