Contoh Paragraf Persuasi Bahasa Indonesia

Contoh paragraf persuasi kali ini admin kembali dengan contoh contoh paragraf persuasi semoga artikel yang admin kali ini bahas bisa berguna terutama untuk adik adik yang masih sekolah. Sebelum kita membahas tentang contoh paragraf persuasi ada baiknya kita mengerti terlebih dahulu apa itu paragraf persuasi.

Paragraf persuasi adalah paragraf yang bertujuan untuk memengaruhi atau membujuk pembaca untuk melakukan sesduatu seperti yang di sampaikan oleh penulis. Paragraf persuasi hampir sama dengan paragraf argumentatif. Kedua duanya sama sama bertujuan untuk menjelaskan sebuah pendapat kepada pembaca. Bedanya paragraf argumentatif di akhiri dengan kesimpulan sedangkan paragraf persuasi tidak mencantumkan kesimpulan. Paragraf persuasi bertujuan mengubah pikiran orang lain agar dapat menerima dan melakukan sesuatu yang kita inginkan. 

Contoh paragraf persuasi
Contoh paragraf persuasi


Penulisan paragraf persuasi mula mula memaparkan gagasan yang di sertai dengan alasan, bukti,fakta dan contoh. Baru kemudian di ikuti ajakan, imbauan, bujukan dan juga saran.

Sekarang anda sudah mengerti dan pahamkan apa itu paragraf persuasi jadi sekarang kita bisa melanjutkan bahasan kita ke contoh paragraf persuasi. Baca juga Contoh Daftar Pustaka

CONTOH PARAGRAF PERSUASI


1. Akhir akhir ini banjir menjadi topik yang tidak ada habis habisnya untuk kita bicarakan. Bagaimana tidak banjir sudah sangat sering terjadi belakangan ini. Hampir setiap tahun banjir datang dan bahkan tidak jarang memakan korban baik harta maupun nyawa. Tentu saja hal ini tidak boleh kita biarkan terus. Kita harus sadar bahwa banjir yang terjadi tidak lepas dari sikap kita. Kita sering membuang sampah sembarangan, membuang sampah di sungai dan menebang pohon. Maka itu mulai sekarang tanamlah di dalam diri kita sifat cinta lingkungan dan selalu menjaganya karena jika bukan kita yang mencintai lingkungan siapa lagi. 



2. Di zaman yang sudah serba canggih ini banyak anak anak yang lebih memilih bermain game daripada belajar. Tidak heran jika kita banyak temukan anak anak yang sedang bermain game di warnet bahkan tidak jarang ada yang rela bolos sekolah demi bermain game. Bagaimana mungkin anak anak yang seharusnya belajar malah menghabiskan waktu mereka di depan monitor. Anda sebagai orang tua berperan penting dalam terbentuknya sifat anak anak anda. Mulai sekarang didiklah anak anda dengan baik, tanamkan cinta belajar padanya supaya kelak dia bisa menjadi orang yang berguna untuk bangsa.



3. Angka kemiskinan masih sangat tinggi di indonesia. Karena masih banyak rakyat indonesia yang tidak bisa memenuhi kebutyuhannya sehari hari. Padahal negara kita kaya kita memiliki hutan yang besar, kita memiliki laut yang luas, memiliki banyak lahan, memiliki SDA yang berlimpah ruah namun nyatanya masih banyak anak anak yang tidak bisa maka, putus sekolah dan kesenjangan sosial lainnya. Pemerintah tidak boleh menutup mata atas fakta yang terjadi, pemerintah harus bisa menyelesaikan masalah kemiskinan sesegera mungkin jika ingin indonesia merambah menjadi negara maju. 



4. Keadaan korban gempa dan tsunami di aceh sangat menyelos hati. Rumah rumah yang sudah rata dengan tanah, harta benda semua hancur ditambah dengan kehilangan sanak keluarga yang terenggut nyawanya akibat terjadinya tsunami. Kita sesama manusia harus saling menolong dan membantu. Korban tsunami aceh sangat butuh uluran tangan kita, mereka sangat butuh pertolongan dari kita. Kita sebagai bangsa indonesia yang menjunjung tinggi persatuan apakah harus diam berpangku tangan melihat saudara sebangsa kita menangis meraung meminta tolong? untuk anda siapapun itu yang nuraninya masih hidup mari kita bantu saudara saudara kita yang ada di aceh semoga bantuan kita bisa meringankan beban mereka.



5. Merokok adalah kegiatan yang dengan mudah bisa kita temukan di warung warung, di dalam angkot, di jalan dan di mana saja itu. Tidak heran angka perokok aktif di indonesia sangat mengkhawatirkan. Yang merokok biasanya kaum laki laki, remaja dan bahkan wanita dan anak anak. Sungguh sangat di sayangkan kegiatan merokok karena selain membahayakan kesehatan si perokok sendiri juga bisa membahayakan orang lain. Penyakit yang sering di sebabkan oleh rokok adalah kanker paru paru, asma, batuk, infeksi tenggorokan, gangguan pernafasan bahkan jantung. Namun meskipun mereka tahu bahaya yang diakibatkan oleh merokok tetap saja mereka merokok. Sungguh sangat disayangkan bukan? Oleh karena itulah mari kita budayakan tidak merokok sejak anak anak kita masih kecil, saat kepribadiannya masih mudah di bentuk, karena jika sudah dewasa akan sangat sulit merubahnya. Tunjukkan juga bahaya bahaya yang diaskibatkan oleh rokok agar mereka takut dan tidak merokok.


Nah itulah contoh paragraf persuasi semoga contoh di atas bisa bermanfaat untuk pembaca pembaca semua yang sudah berkunjung ke blog ini. Terima kasih juga sudah berkunjung ke blog ini.

0 Response to "Contoh Paragraf Persuasi Bahasa Indonesia"

Post a Comment

wdcfawqafwef